Ranting Tuban Didik Calon Warga Dengan Ziarah Leluhur

oleh
DEMI AJARAN : Para Calon Warga PSHT Rantin Tuban, saat berziarah di makam Almarhum Kangmas Mustofa. Foto/Ayik

pshttuban.com – Setiap menjelang pengesahan warga baru, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Tuban mengadakan ziarah ke Makam Alm. Kangmas Mustofa. Di Makam Cluring, Desa Penambangan, Semanding.

Almarhum Kangmas Mustofa adalah warga tingkat II serta Ketua PSHT Cabang Tuban yang pertama. Sekaligus pendiri PSHT Cabang Tuban bersama kangmas sesepuh yang lain.

Jumat (12/08/2021) malam, kegiatan ziarah kembali diadakan setelah Maghrib. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lebih kurang satu jam, para calon warga baru dari Ranting Tuban mengikuti pembacaan Yasin, Tahlil secara berjamaah yang dipimpin oleh Mas Umar Muwaffiq.

Sebelumnya, dalam sambutan Kangmas Sulaiman Efendi, sesepuh PSHT Cabang Tuban, menyampaikan beberapa nasehat kerohanian kepada segenap calon Warga. Di antaranya, sebagai seorang yang masih hidup, harus mampu dan mau mendoakan orang-orang sudah meninggal. Terutama yang dicintai dan telah berjasa terhadap kita.

Kemudian, semasa di dunia harus sanggup mengusahakan hidup yang baik secara seimbang antara dunia dan akhirat. Kehidupan di dunia dikejar sekuatnya, begitu pun kehidupan akhirat, diusahakan sekuatnya. “Serta sebagai sesama manusia, terlebih dengan saudara, harus bisa saling menjaga, mikul duwur mendem jero,” katanya.

Kemudian Ketua PSHT Ranting Tuban, Kangmas Sugeng Widodo, menyampaikan bahwa kegiatan rutin ini adalah bentuk kepedulian sebagai sesama saudara yang tidak terbatasi oleh apapun. Dengan mendoakan orang lain, maka kita akan mendapatkan doa yang serupa. Bahkan kelak kita juga akan didoakan oleh banyak orang.

Ziarah ini juga sebagai sarana mendidik calon warga untuk dapat menghormati sesepuhnya sebagai ajaran perguruan yang harus dipegang teguh oleh setiap warga PSHT. Termasuk jika sudah meninggal dunia, kewajiban untuk terus mendoakannya.

Jika situasi tidak sedang pandemi covid-19, acara ziarah makam ini dihadiri para calon warga, siswa maupun warga PSHT. Namun karena situasi sedang pembatasan kegiatan masyarakat, kali ini hanya menghadirkan para calon warga. Istri Alm. Kangmas Mustofa yang juga warga seta pengurus PSHT Cabang Tuban, Mbak Kiswatini, menyampaikan terimakasih yang mendalam atas kegiatan ini. Dia berharap perjuangan Kangmas Musthofa untuk PSHT selain dikenang juga diharapkan dapat terus dikobarkan oleh para warga PSHT Cabang Tuban.

“Semoga PSHT Tetap jaya, ini tugas kita bersama. Semangat dan perjuangan Mas Mustofa untuk PSHT mari kita teruskan bersama-sama oleh semua warga,” ungkapnya. AYIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.