Swadaya Seduluran, Ranting Kerek Bagi Ratusan Paket Sembako Korban Banjir

oleh
PEDULI TERUS : Ketua SH Terate Ranting Kerek, Kang Mas Sunarto, S.P., saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat

pshttuban.com – Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Ranting Kerek, Cabang Tuban,menunjukkan kiprahnya dalam menjalankan ajarannya. Dengan memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada warga masyarakat yang terdampak banjir bandang di wilayah Kecamatan Kerek.

Bencana yang terjadi pada Kamis (10/03/2022) tersebut membuat SH Terate Ranting Kerek membantu dengan totalitas. Sejak sehari sesudah bencana sudah menurunkan anggota dan siswa untuk membantu masyarakat hingga sepekan lebih. Mulai membagi paket sembako, memperbaiki tanggul, bersih lingkungan hingga membersihkan dan perbaikan ringan rumah masyarakat.

Puncaknya pada Senin (21/03/2022) dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada korban banjir, di Posko bencana banjir di Desa Temayang, Kecamatan Kerek. Serta sebagian lainnya dibagikan langsung ke rumah-rumah masyarakat yang sudah terdata sebelumnya.

Ketua SH Terate Ranting Kerek, Kang Mas Sunarto, S.P. mengungkapkan, Ranting Kerek dengan panggilan jiwa ikut membantu penanggulangan dampak banjir bandang. “Kita memberikan bantuan sekedarnya pada masyarakat yang terkena dampak banjir. Sehingga pada hari ini memberikan 200 bingkisan pada masyarakat yang terdampak yang tersebar di 4 desa. Yaitu, Desa Temayang, Desa Margomulyo, Desa Padasan dan Desa Jarorejo,” ungkapnya.

Hal ini dilakukan secara suka rela dan ikhlas dari hasil swadaya warga SH Terate. Karena sesuai ajaran perguruan diantaranya ikut serta memayu hayuning bawono. Salah sayu bentuknya adalah peduli terhadap sesama. “Kami berharap bencana banjir bandang berhenti sampai disini. Masyarakat juga harus peduli terhadap lingkungan sehingga kedepannya banjir bandang tidak akan terjadi lagi,” harapnya.

Senelumnya, warga dan siswa serta personil Pengamanan Terate (Pamter) Rantik Kerek serta Pamter Cabang ikut terjung membantu masyarakat terdampak banjir bandang. Dengan melakukan perbaikan tanggul yang jebol. Membersihkan aliran sungai dari timbunan material, memperbaiki dan membersihkan fasilitas umum. Mulai Gedung sekolah hingga masjid. “Kami bersinergi dengan  masyarakat dan pemerintah dalam kegiatan sosial ini,” jelasnya Kangmas Sunarto.

Ranting Kerek mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah aktif selama sepekan lebih membantu masyarakat. Bahkan SH Terate paling aktif yang selalu hadir membantu masyarakat korban bencana banjir ini. “Terima kasih kepada semuanya yang telah ikut sukseskan kegiatan sosial sudah seminggu lebih ini. Semoga kiprah kita memberikan manfaat bagi kita maupun masyarakat dan lingkungan. Yang jelas mari kita jaga lingkungan kita dari segala bentuk kerusakan,” katanya. RHOFIK SUSYANTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.