Kepala Kesbangpol Tuban Sampaikan Wawasan Kebangsaan Kepada Calon Warga

oleh
Ketua Cabang
PEMBINAAN : Ketua SH Terate Cabang Tuban, Kang Mas Lamidi saat memberikan pengarahan kepada calon warga. Foto / Rhofik Susyanto

pshttuban.com – Calon warga Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) tahun 2022 Cabang Tuban, Pusat Madiun, Jumat (25/03/2022) malam dan Sabtu (26/03/2022) malam dihadirkan di Padepokan Cabang Tuban. Untuk menerima pembinaan dari warga TK II dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dibagi 2 malam karena banyaknya calon warga. Sehingga dibedakan calon warga dari siswa regular dan dewasa.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto menyampaikan materi wawasan kebangsaan (wasbang)  kepada para calon warga. Menurutnya, pembekalan ini sangat penting dilakukan karena menjadi bekal dalam keseharian para calon warga. Baik di dalam berorganisasi maupun dalam kehidupan bermasyarakat. “SH Terate merupakan organisasi yang sangat pesat perkembangannya. Sehingga Wasbang harus di tekankan untuk menjaga persatuan dan kesatuan,” katanya.

Didik menambahkan SH Terate merupakan organisasi besar di Tuban maupun Indonesia. Sehingga keberadaannya memberikan pengaruh besar. Karena beragam suku, budaya dan agama dapat masuk menjadi anggota SH Terate. “Besar harapan kami, untuk warga SH Terate agar bisa tetap bisa menjaga perbedaan dan selalu membangun hubungan yang harmonis,” harapnya.

Kepala Kesbangpol
CINTA INDONESIA : Kepala Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto saat menyampaikan materi wawasan kebangsaan kepada calon warga SH Terate di Padepokan Cabang Tuban. Foto/ Rhofik Susyanto

Sementara itu, Ketua Dewan Cabang, Kangmas Sumarno, S.H., M.H.,  menjelaskan dengan diberikannya pembekalan ini, diharapkan para calon warga dapat menjalankannya dalam keseharian. Agar kehidupannya dapat selaras dengan ajaran. “Kita harus bangga menjadi anggota SH Terate. Kita harus merasa memiliki. Karena sudah menjadi kewajiban kita bersama  untuk menjaga nama baik perguruan atau organisasi,” tuturnya.

Selain itu, sebagai warga SH Terate harus berpegang teguh pada ajaran. Ajaran yang tersirat salah satunya dalam lambang organisasi. Karena didalamnya memiliki cakupan makna dalam kehidupan  sehari-hari. “Ketika sudah menjadi warga SH Terate harus bisa menjadi suri tauladan untuk masyarakat. Serta harus bisa menjaga  harkat dan martabat SH Terate,” harapnya.

Diketahui, pendiri SH Terate, Ki Hadjar Harjo Oetomo adalah seorang pejuang yang telah diakui jasanya oleh negara dengan diberi gelar pahlawan perintis kemerdekaan. Selain itu SH Terate telah mengadakan ikrar kesetiaan terhadap NKRI. Sedangkan pendidikan pencak silat maupun ajaran didalamnya juga tidak lepas dari sikap patirotisme dan nasionalisme yang diharapkan dimiliki setiap warga SH Terate. Termasuk didalam Mars SH Terate. RHOFIK SUSYANTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.