Pengambilan Tanah dan Air Ranting Semanding, Sebagai Filosofi Bhineka Tunggal Ika

oleh
DEMI SH TERATE : Prosesi pengambilan tanah dan air Ranting Semanding. (pshttuban.com/Mohamad Syarif M. R)

pshttuban.com – Prosesi menyambut 1 abad berdirinya SH Terate sejak 1922 – 2022, seluruh cabang, ranting dan rayon melakukan hal yang sama. Yakni mengambil tanah dan air dari wilayahnya untuk dikumpulkan secara berjenjang sampai ke cabang. Selanjutnya akan diserahkan pada rombongan kirab nasional, untuk dibawa dan disatukan di Padepokan SH Terate Pusat di Madiun. Menjadi monument nasional 1 abad.

Termasuk di Ranting Semanding. Pengambilan tanah dan air secara sakral dilakukan di kawasan Sendang Gede, Desa Penambangan Kecamatan Semanding, Jumat (10/06/2022) pukul 21.00 WIB.

Tujuh rayon se-Ranting Semanding turut mengikuti kegiatan ini. Mereka juga bertugas mengambil tanah dan air dari tempat latihan masing-masing. Rayon Bejagung, Rayon Penambangan, Rayon Jadi, Rayon Kowang, Rayon Tegalagung, Rayon Mojokopek dan Rayon Geseng.

Perwakilan rayon yang mengikuti kegiatan ini sekitar 50 warga. Turut hadir juga, salah satu sesepuh SH Terate Ranting Semanding, KH Rodi’in. Yang juga pengasuh Ponpes Belik Luhur.

Ketua SH Terate Ranting Semanding, Mas Triatum mengatakan SH Terate sampai berusia 100 tahun salah satu kuncinya adalah perilaku Memayu Hayuning Bawono. Sehingga hal itu harus tetap terjaga sampai kapanpun.

“Dengan pencapaian umur SH Terate yang sudah mencapai 1 abad maka kita harus sama-sama menjaga seutuhnya SH Terate ini dengan Memayu Hayuning Bawono,” ungkapnya.

Dengan pengambilan tanah dan air dari tempat Latihan, rayon, ranting dan cabang seluruh jajaran SH Terate disatukan dalam monument nasional 1 abad juga menjadi pelajaran berharga. Sebagai filosofi Bhineka Tunggal Ika. Dengan perbedaan budaya, suku, ras dan agama, namun rasa persaudaraan di SH Terate akan selalu ada, kekal abadi selama-lamanya. (Mohamad Syarif M. R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.