Siswa Dewasa SH Terate Cabang Tuban Jalani Uji Kenaikan Tingkat

oleh
oleh

Pshttuban.com – Siswa dewasa yang menjadi calon pendekar Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban, Pusat Madiun, mengikuti ujian kenaikan sabuk atau kenaikan tingkat yang dilaksanakan serentak di seluruh ranting se-Cabang Tuban, Sabtu, (24/03/2024) malam.

Para siswa mengikuti ujian kenaikan sabuk dari hijau menjadi putih. Dimana sabuk putih merupakan proses yang harus dilalui sebelum disahkan menjadi warga SH Terate.

“Ini adalah tahapan yang harus dilewati seluruh warga SH Terate, setiap tingkatan memiliki makna dan setiap tingkatan harus dipahami maksudnya oleh seluruh siswa,” terang Ketua Cabang SH Terate Tuban, Kangmas Lamidi.

Menurut Kangmas Lamidi, tingkatan sabuk tidak sekedar menunjukan keterampilan siswa SH terate dalam tingkatan bela diri. Lebih dari itu, setiap tinngkatan harus didasari dengan kakuatan jiwa sebagai tonggak dasar yakni budi pekerti luhur.

“Mencetak manusia yang berbudi pekerti luhur tahu benar dan salah, itu adalah inti dari setiap kenaikan tingkat selain keterampilan bela diri,” terang kangmas lamidi ini.

Pada perkembanganya, persaudaraan setia hati terate telah menjadi bagian penting perkembangan budaya silat di Indonesia. SH terate juga berkontribusi dalam pengembangan karakter dan moral seluruh anggotanya yang berdampak positif pada lingkungan sekitar.

“Sekarang sudah bersabuk putih, ini melambangkan kebersihan hati dan fikiran, pada tingkatan ini, setiap tindakan harus didasari pada prinsip kebenaran,” katanya

Selanjutnya, pada tingkatan sabuk putih, siswa akan diajarkan seluruh materi-materi silat milik SH Terate. Disamping juga peningkatan dan pemantapan ajaran yang mengutamakan persaudaraan, kejujuran, kesetiaan dan keberanian yang harus dimiliki setiap warga setia hati terate.

Sebagai tambahan, kenaikan Tingkat sabuk putih siswa dewasa diikuti oleh sedikitnya 543 orang yang tersebar di 22 ranting dan komisariat se cabang Tuban. Sementara untuk total calon warga SH Terate Tuban (siswa dewasa dan reguler) yang akan disahkan di tahun ini diperkirakan mencapai 1500 lebih. (Lukman/Humas Cab Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.